Sabtu, 21 November 2009

PERILAKU KONSUMEN-PERSEPSI

PERSEPSI

Kesalahan persepsi dalam Perilaku Konsumen.

Persepsi adalah suatu cara atau pola pikir yang cenderung menstimulus cara berfikir sesuai kehendak kita atau dari sudut pandang kita dengan dibarengi dasar-dasar fakta yang ia temukan sehingga terjadilah suatu hipotesa yang ia simpulkan berdasarkan pemikirannya sendiri.

Mengapa persepsi bisa salah arti dan membuat konsumen menjadi stereotip dengan opini publik, berikut adalah permasalahan dalam persepsi, yaitu sbb :

Kesalahan dalam persepsi terbagi dua, yaitu :
1. The fundamental Atribution
Kesalahan dalam mengatribusi yaitu karena anda harus berusaha mencari penyebab di balik perilaku sesorang.
2. The Halo Effect
Persepsi yang positif terhadap suatu karakteristik cenderung akan dipersepsi positif juga untuk karakteristik lainnya.
Bagaimana mengatasinya ?? Berikut adalah kiat-kiat dalam mengatasi permasalahan persepsi adalah sbb :
1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya
2. Tidak terburu-buru membuat penilaian / kesimpulan ( melakukan chek dan recheck)
3. Memperkaya perbendahraan wawasan/ pengetahuan kita.
4. Menyamakan persepsi (jika diperlukan ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar